Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Beli Mobil Bekas, Dijamin Menguntungkan

Tips beli Mobil Bekas
Mobil Bekas Berkualitas


Memiliki sebuah mobil bukan selalu tentang gengsi, bagi sebagian orang kendaraan tersebut merupakan kebutuhan. Misalnya dalam mempermudah akomodasi usaha yang dijalankannya. Membeli kendaraan baru bukanlah hal mudah, bahkan meskipun dengan DP mobil rendah. 

Lalu, apa solusi terbaik yang bisa dilakukan? Anda bisa membeli mobil bekas yang harganya jauh lebih murah. Jika membelinya di tempat terpercaya, mendapatkan mobil second yang kualitasnya tidak jauh berbeda dengan unit baru.

Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Mengecewakan

Sebenarnya, membeli mobil bekas juga membutuhkan pertimbangan yang matang. Dibutuhkan ketelitian dan kecermatan sebelum memboyong unit second impian Anda. Tidak perlu khawatir, pemula tentang otomotif pun bisa melakukannya dengan mengikuti tips berikut ini. 

1. Mengecek Orisinalitas Bodi Mobil

Memeriksa kondisi bodi mobil merupakan hal krusial dan sama sekali tidak boleh dilewatkan. Sebaiknya tidak mudah tergiur dengan tampilan cat mobil yang masih mulus. Anda bisa bertanya mengenai orisinalitas bodi mobil beserta kelengkapannya. 

Bisa jadi tampilan mulus tersebut merupakan hal ini tidak masalah namun kualitas cat orisinal tentunya lebih baik. Selain itu, perhatikan bagian rangka apakah terdapat bekas sambungan yang terlalu tampak atau tidak. Begitu pula dengan kesimetrisan garis bodi mobil tidak boleh ketinggalan. 

2. Memeriksa Seluruh Bagian Interior

Anda tidak bisa langsung deal membeli sebuah kendaraan bekas hanya dengan memperhatikan penampilan luar saja. Jika tetap melakukannya, hal ini sebenarnya bukan langkah bijak. Periksalah seluruh bagian interior berupa door trim, plafon, jok, dan dashboard. 

Pastikan seluruh bagian elektronik krusial interior mobil masih bekerja dengan normal. Jika ternyata salah satunya tidak berfungsi, hal ini bisa mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. 

Tentunya, Anda tidak ingin kecewa bukan ketika membeli mobil bekas? Oleh karena itu, menemukan unit mobil second berkualitas sebaiknya di SEVA saja. Platform digital ini merupakan produk Astra sehingga kredibilitasnya tidak perlu diragukan. 

Proses pengajuan sampai approve lebih cepat, bahkan instan. Anda bisa melakukannya secara online dengan tetap memeriksa kondisi mobil secara langsung, menarik bukan?

3. Perhatikan Kondisi Mesin dan Lakukan Test Drive

Sayangnya, memang tidak semua orang memahami tentang mesin kendaraan dan berbagai kendala yang ditimbulkan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya membawa orang yang lebih paham mengenai hal ini. 

Agar pemeriksaan lebih maksimal, disarankan untuk melakukan test drive agar kondisi mesin bisa dirasakan. Cermati dan dengarkan secara seksama suara mesin mobil bekas apakah masih layak atau tidak. 

4. Menyesuaikan Kelengkapan Dokumen

Meskipun membeli mobil bekas, pastikan Anda memilih yang surat-suratnya lengkap. Setidaknya unit mobil memiliki dokumen BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Cocokkan dokumen tersebut dengan unitnya, yaitu berupa nomor mesin dan nomor rangka. 

5. Asuransi oleh Pemilik Sebelumnya

Bagi sebagian orang, memiliki kendaraan dengan asuransi merupakan hal penting. Hal ini untuk mencegah kerugian besar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Tidak perlu khawatir, Anda juga bisa mendapatkan mobil bekas dengan asuransi. 

Tanyakan pada pihak penjual apakah mengaktifkan asuransi untuk mobilnya atau tidak. Jika iya, Anda bisa memutuskan sendiri akan meneruskan asuransi tersebut atau tidak. Pindah tangan asuransi bisa jadi opsi yang tepat jika ingin lebih aman berkendara dengan mobil bekas.

Berbagai macam tips di atas bisa membuat Anda mendapatkan mobil bekas impian. Budget pun bisa dihemat sebanyak mungkin untuk kebutuhan lainnya. Jadi, tidak perlu ragu membeli mobil second sesuai kemampuan finansial keluarga ya!

Posting Komentar untuk "5 Tips Beli Mobil Bekas, Dijamin Menguntungkan"