Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Aplikasi Storytel, The Best Audiobook

Aplikasi Audiobook Storytel
Aplikasi Audiobook Storytel


Membaca buku, membaca buku adalah hal yang membosankan bagi saya semasa kecil. Saya lebih senang dibacakan buku dibandingkan membaca buku sendiri. Bahkan ketika UTS dan UAS semasa kuliah, di saat kambuh penyakit malas baca buku. Saya memilih duduk disamping teman yang metode belajarnya dengan membaca keras-keras, rasanya nikmat sekali bisa mencerna buku hanya dengan mendengarkan saja. Bagi saya, mendengarkan adalah metode belajar yang lebih efisien.

Bahkan dulu semasa kecil sempat berkhayal “Enak sekali rasanya mendengarkan kandungan buku tanpa membacanya, ada tidak ya alat semacam itu” maklum saya lahir tahun 90an jadi semasa kecil tidak mengenal kata aplikasi. Hihi

Apalagi dengan kondisi saya yang sekarang sudah disibukkan dengan mencari nafkah, family time dan kesibukkan lainnya. Rasanya memegang buku pun sudah tak bernafsu. Ditambah lagi sekarang hanya butuh membuka google untuk mendapatkan segala informasi yang dibutuhkan baik berita maupun segala macam ilmu.

Namun tak disangka-sangka, ternyata khayalan saya di masa kecil terwujud dengan hadirnya aplikasi Storytel. kira-kira dua pekan yang lalu, saya dikenalkan dengan Aplikasi Audiobook ini. awalnya saya kira isi dari aplikasi ini hanya audiobook berbahasa asing, ternyata setelah mengunduh aplikasinya banyak sekali Audiobook Indonesia. Tak tanggung-tanggung, aplikasi ini menyediakan berbagai macam novel, dari novel romance hingga Novel Fiksi serta berbagai macam Buku Best Seller seperti Mariposa : Kupu-Kupu yang Sulit Digapai yang bisa Anda dengarkan.

Rekomendasi Buku Novel Indonesia seperti Divortiare karya Ika Natassa dan Negeri Lima Menara karya Ahmad Fuadi pun sudah tersedia di aplikasi Storytel.

Mau tahu lebih dalam tentang Storytel? yuk lanjut terus bacanya

Storytel adalah Aplikasi Audiobook yang berbasis di Swedia. Namun aplikasi ini sudah memasuki beberapa negara di Asia seperti India, Korea Selatan, Thailand, singapura dan yang paling baru adalah Indonesia tepatnya pada hari rabu tanggal 9 Maret 2022.

Bagi saya pribadi tentu menjadi solusi terbaik agar tidak kudet di bidang keilmuan. Saya sadar kok kalau mengupgrade dan menambah referensi di bidang keilmuan adalah hal yang wajib. Bahkan sudah rasulullah Muhammad sebutkan dalam sebuah hadits yang berbunyi:

“Tuntutlah ilmu dari lahir sampai liang lahat”

Review Aplikasi Storytel

Setelah satu minggu menggunakan Aplikasi Storytel, banyak hal yang mau saya share kepada pembaca sekalian. Mau tahu apa saja isi storytel?

1. Banyak buku dan Audiobook

Awalnya saya kira aplikasi Storytel hanya punya perbendaharaan buku sepuluh ribu sampai dua puluh ribu saja. Ternyata perbendaharaan buku Storytel sangatlah banyak, secara umum ada 700 ribu buku dalam 30 bahasa dan ada 150 ribu lebih audiobook dengan bahasa inggris, Indonesia dan mandarin. Bagi Anda yang hobi membaca buku tentu bisa puas Baca Buku Online , tak perlu mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk menikmati banyak buku dalam negeri dan luar negeri.

Bagi Anda yang tak memiliki niat membaca buku bisa dengarkan Audiobook Indonesia atau Audiobook berbahasa asing kapanpun dan dimanapun ya gaes. Banyak Buku Best Seller yang bisa Anda pilih, seperti buku berbahasa inggirs seperti Harry Potter Audiobook atau Hunger Games Audiobook. Anda bisa merasakan sensasi baru ya gaes. Yang mulanya hanya menonton filmnya saja, sekarang Anda bisa mendengarkan Audiobooknya sambil berimajinasi dengan bebas membayangkan cerita yang dibacakan narator.

Namun, jika Anda lebih berminat mendengarkan Audiobook Indonesia karena lebih ringan dan lebih mudah dicerna. Anda bisa pilih beberapa novel karya penulis ternama Indonesia seperti Dilan. Dilan yang pernah viral? Ya, film Dilan diadopsi dari sebuah novel karya Pidi Baiq. Tidak perlu repot-repot membacanya gaes, cukup dengarkan santai sambil rebahan Anda bisa menikmati alur lengkap kisah cinta Dilan dan Milea.

2. Fitur Aplikasi Storytel

Menyajikan banyak buku tanpa memberikan kemudahan kepada para penggunanya tentu akan mengurasi kenyamanan saat digunakan ya gaes. Tapi tenang saja, sebab Storytel sudah menyediakan banyak fitur yang memanjakan penggunanya. apa saja fiturnya? Simak baik-baik penjelasannya ya gaes

  • Pencarian, fitur pertama yang wajib dimiliki sebuah aplikasi Audiobook adalah pencarian. Dengan fitur ini tentu akan memudahkan Anda mencari buku yang ingin Anda dengarkan, cukup tulis judul buku, penulis atau naratornya saja sudah ketemu bukunya. Tidak perlu repot scroll dari atas sampai bawah untuk menemukan buku yang ingin Anda dengarkan.
  • Rak buku, saat Anda sudah menemukan buku yang dicari tak perlu repot-repot mencarinya lagi jika Anda menutup aplikasi, sebab ada fitur rak buku yang bisa menampun list buku yang ingin Anda dengarkan. Caranya mudah cukup klik tombol di bawah tulisan judul buku.

Mendengarkan Harry Potter Audiobook
Fitur Rak Buku di Storytel



  • Target cerita dan statistik, bagi Anda yang terbiasa melakukan sesuatu dengan plan yang tertata rapi, dua fitur ini sangat cocok. Anda bisa menentukan sendiri berapa buku yang ingin Anda selesaikan dalam jangka waktu tertentu. Misalkan Anda ingin menyelesaikan 2 buku Sapiens dan Pachinko dalam satu bulan, melalui fitur statistik Anda bisa melihat progres dari target yang Anda tentukan dan menampilkan buku-buku yang sudah Anda dengarkan selama 30 hari terakhir.
  • Download audiobook, bagi Anda yang ingin menghemat data internet pun bisa mendownload Audiobook yang ingin Anda dengarkan. Jadi Anda bisa mendengarkan Audiobook walaupun smartphone Anda offline
  • Mode Anak, bagi Anda yang ingin lebih safety saat smartphone sering dipinjam anak atau keponakan. Fitur mode anak tentu sangat membantu. Tujuannya agar anak-anak hanya bisa mendengarkan buku-buku yang cocok dengan seusianya saja dan Anda tidak takut anak-anak mendengarkan hal-hal yang seharusnya tidak mereka dengarkan seperti audiobook Game of Thrones.

Masih banyak fitur lainnya yang bisa Anda gunakan ya gaes, seperti mengatur kecepatan membaca narator, mode sleep, bookmark dan lain-lain. Anda bisa mengeksplore sendiri fitur-fitur lainnya.

3. Praktis

Bagi saya yang malas membaca buku tentu aplikasi Storytel adalah solusi terbaik agar tetap bisa mengupgrade keilmuan. Sebab tak perlu repot-repot membaca buku, cukup duduk manis mendengarkan isi buku. Yang lebih asik lagi, Audiobook Indonesia bisa menjadi teman saat Anda beraktifitas seperti dalam perjalanan, bekerja bahkan menjaga anak.


Menjaga anak sambil mendengarkan Audiobook Indonesia
Menjaga anak sambil mendengarkan Audiobook Indonesia


Satu buku yang pernah dengar melalui Audiobook Storytel adalah Selamat Tinggal karya Tere Liye. Tak butuh waktu lama saya sudah menyelesaikan satu buku ini. Penasaran isi Novel ini?

Novel ini mengisahkan seorang penjual buku bajakan yang ternyata seorang mahasiswa semester tua jurusan sastra yang terhambat saat mengerjakan tugas akhir skripsi. Di tengah aktifitasnya menjaga toko buku datang seorang mahasiswi cantik mencari buku yang menggetarkan hatinya....

Mau tau kelanjutannya? Langsung download Aplikasi Storytel untuk iOS di Appstore dan Aplikasi Storytel untuk Android di Playstore gratis gaes.

Btw, saya saja yang tidak terlalu suka membaca saja sudah menyelesaikan beberapa buku di tengah-tengah kesibukan. Karena menurut saya Storytel adalah aplikasi yang memiliki efek candu gaes. mendengarkan sebentar saja rasanya kurang, maunya dengerin terus sampe tamat. Apalagi yang hobi baca buku, pasti tidak mau lepas dari aplikasi satu ini. target selanjutnya saya tertarik mendengarkan buku Mariposa. 

Untuk bisa menikmati aplikasi ini, Anda hanya perlu berlangganan aplikasi storytel. berapa biaya berlangganan storytel? biayanya hanya 39.000 rupiah saja gaes. MURAH BANGET!!!

Kenapa saya bilang murah? Karena harga satu buku saja di atas 39.000 rupiah. Tapi pakai aplikasi Storytel, hanya berlangganan 39.000 saja Anda bisa menikmati ratusan ribu buku dengan berbagai macam bahasa.

Selain mendengarkan Audiobook, saat Anda sudah bosan mendengarkan pun bisa membaca buku di aplikasi Storytel. Beberapa buku yang diangkat menjadi film pun bisa tersedia di Storytel seperti Sapiens.

Yuk mulai trend baru yang positif ini dari diri Anda, jangan biarkan Indonesia terus-terusan menjadi negara dengan tingkat literasi rendah. Sampai saat ini Indonesia masih menempati posisi ke-63 dari 70 negara yang disurvey terkait tingkat literasi. Sangat miris gaes, dengan adanya Aplikasi Audiobook ini tentu bisa membantu para pemalas seperti saya, untuk memulai hobi baru yakni MENDENGARKAN AUDIOBOOK. Yuk ajak sanak saudara dan teman-teman meningkatkan tingkat literasi di Indonesia. Salam Literasi.


Akun Storytel Saya
Akun Storytel Saya

41 komentar untuk " Review Aplikasi Storytel, The Best Audiobook"

  1. Makin mudah dan asik ya baca buku, bisa di mana saja dan cara unik, selain itu tak butuh ruang simpan yang banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini betul bgt, dg aplikasi Storytel tak buruh ruang banyak utk ratusan buku yg ada

      Hapus
  2. Terjangkau banget sih biaya langganannya utk ratusan buku best seller di aplikasi Storytel

    BalasHapus
  3. Keren banget storytel, fiturnya juga banyak. Memang cocok buat yang kurang suka baca buku fisik.

    BalasHapus
  4. narator yang membacakan buku pun enak sekali menyampaikannya, pas baca-dengar ayat-ayat cinta aku jadi terlempar ke tahun 2006 ahahah

    BalasHapus
  5. Storyrtel ini serunya juga dilengkapi dengan mode anak yah, jadi akses untuk anak-anak bisa menyesuaikan batasan umur mereka ya. Anak juga bisa mengembangkan imajinasi mereka melalui cerita-cerita yang didengarkan lewat aplikasi ini.

    BalasHapus
  6. Cara menyimak buku dengan style baru.
    Udah unduh juga dong aplikasinya

    BalasHapus
  7. Punya aplikasi storytel mempermudah bagi yg pengin merasakan sensasi baru mendengarkan buku, aku sudah punya aplikasi ini juga

    BalasHapus
  8. enak ya mas pakai storytel ini, ada ratusan ribu buku yang bisa dipilih, pun kita leluasa mau milih e-book juga audiobook

    BalasHapus
  9. Setuju banget jika Storytel ini disebut sebagai aplikasi audiobook terbaik
    Banyak buku-buku best seller di sini, naratornya juga berkualitas

    BalasHapus
  10. Aku udah langganan lho apps storytel ini. Ketagihan soalnya habis nyobain free trialnya. Pengen namatin Harry Potter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah jadi pengin download dan langganan, apalgi baca-baca koleksi bukunya banyak sekali ya

      Hapus
    2. Banyak banget mbak. Ada ribuan buku. Kategorinya juga banyak dan lengkap lho.

      Hapus
  11. Storytel ini emang ngebantu banget sih haha jadi bisa dengerin buku sambil masak, sambil cuci-cuci, beresin rumah, eh ngga kerasa dah beres tuh sebuku hihihi

    BalasHapus
  12. Dream comes true gitu ya Kak, akhirnya Storytel mewujudkan cita-cita masa kecil, sekarang membaca buku jadi kesenangan dong karena dibacakan oleh narator yang emang mumpuni ya. Sambil jaga anak pun bisa tetap dengarkan buku, apalagi pilihannya buanyaakk banget ya, sampai bingung sendiri mau pilih buku mana dulu :D

    BalasHapus
  13. Setuju banget sih kalau Storytel ini terjangkau banget. Sekarang satu buku aja nggak bisa dibeli Rp39ribu. Minimal udah Rp50ribuan... eh Storytel, sebulan 39ribu bisa dengerin buku sepuasnya.

    BalasHapus
  14. Aq suka dengerin buku via aplikasi storytel karena nggak perlu sibuk menatap layar, selain itu biaya berlangganannya juga murah banget

    BalasHapus
  15. Aplikasi storytell menjadi alternatif klo malas baca, dengerin aja bukunya sambil rebahan di akhir pekan. Okeh banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, berasa didongengin yaa, udh dibacain novelnya sama narator handal.

      Hapus
  16. aplikasi storytel jadi memudahkan para pecinta buku yang mungkin punya kesulitan soal waktu yaa di tengah kesibukannya, jadi bisa tuh menikmati buku sambil melakukan aktivitas lainnya

    BalasHapus
  17. Mode anak bikin saya tenang nih pastinya. Secara saya emang suka gantian pakai ponsel dengan anak. Jadi tidak khawatir anak akses yang belum pantas diaksesnya ya

    BalasHapus
  18. Saya juga pake storytel ini buat nemanin perjalanan saya, jadi ga perlu bawa2 buku kemana-mana yaa. Mana isinya lengkap banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahkan bisa didengerin offline juga kan ya kak. Dan praktis banget ga perlu bawa2 buku kemana-mana.

      Hapus
  19. Berarti kakak cenderung tipe auditori. Dan lebmudah mendapat prestasi dwngan cara meneengejrjsi

    BalasHapus
  20. Ya ampun Mas, aku nggak nyangka ada orang seauditorik kayak dirimu. Sampe balajar aja mending milih di sebelahnya teman yang lagi baca. Padahal kalau bagi banyak orang, itu malah membosankan ya.

    BalasHapus
  21. Iyayah, dulu zamannya sekolah males banget baca textbook. Senengan baca Harry Potter yang lebih tebal. Kini ada Aplikasi Storytel yang membantu membaca. Jadi semakin semangat baca novel-novel populer koleksi Aplikasi Storytel.

    BalasHapus
  22. Keren abis pokoke aplikasi audiobook storytel. Sangat sangat membantuku...

    BalasHapus
  23. sungguh aku penasaran, baca banyak reviewnya dan semua menarik, semua punya pengalaman uniknya sendiri ya pakai ini :)

    BalasHapus
  24. Bisa jadi cara baru menikmati buku ya. Bukan dibaca tapi didengarkan.. Wah, boleh nih dicoba. Menarik..

    BalasHapus
  25. Ini enak didengerin malam-malam, pakai earphone, wah, enaaak.

    BalasHapus
  26. Storytel ini memang menyenangkan, sih. Kalau lagi capek, lagi sibuk, lagi di perjalanan, tetep bisa menikmati buku.

    BalasHapus
  27. Nggak bakal bosan untuk mantengin Storytel karena bukunya bervariasi dengan naratornya juga beragam.

    BalasHapus
  28. Storytel ini komplit banget sih. Buku dewasa ada.. buku anak tersedia. Buku bahasa Indonesia banyak, buku berbahasa Inggris pun nggak kalah jumlahnya. Aaah seneng deh bisa kenal sama aplikasi ini.

    BalasHapus
  29. Aku suka banget sama aplikasi audiobook Storytel.
    Terasa menjadi lebih simple jika ingin mengisi waktu apalagi untuk waktu rileks saat istirahat.
    Dan istimewanya, koleksi buku anaknya pun banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bener ya, jadi hemat waktu baca buku, bisa darimana saja

      Hapus
  30. Aplikasi yang sangat membantu. Ini super menyenangkan banget karena bisa digunakan saat senggang. Beneran efektif dan efisien banget ya

    BalasHapus
  31. Bener kak, aku juga pernah membayangkan enak kalau ada yang bacain isi buku. Kita tinggal dengerin aja. Eh beneran ada dong sekarang. Aplikasi audiobook yg lengkap

    BalasHapus
  32. Yeay aku juga pakai Storytel. Alternatif baca buku via audio ya. Bisa jadi teman tidur plus berasa didongengin artes haha

    BalasHapus
  33. Storytel emang solusi banget ya kak. Buat kita yang bisa dibilang nggak punya waktu lagi buat buku.

    BalasHapus
  34. Aku juga berlangganan storytel nih. Solusi banget baca buku tapi di bacain. Hehe

    BalasHapus
  35. aku juga sudah mendengarkan audiobook storytel ini dan memang seru sih mendengarkan buku favorite, luar biasa

    BalasHapus