Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Olahan Bawang Merah, Bisa Jadi Ide Bisnis saat Panen Raya

Bisnis Olahan Bawang Merah
Bisnis Olahan Bawang Merah


Bawang merah memang telah jadi icon Kabupaten Brebes, Jawa Tengah serta sebagian wilayah sentra bawang merah yang lain. Sayangnya petani sering meringik dikala masa panen, sebab anjloknya harga. Ayo kita buat aneka olahan bawang merah yang dapat jadi ilham bisnis Kamu nantinya.

Olahan awal yang sangat banyak dicoba merupakan membuat bawang merah goreng. Semacam yang dicoba oleh warga Palu, Sulawesi Tengah yang menjadikan bawang merah goreng selaku oleh- oleh khasnya. Mencerna bawang merah jadi bawang goreng, cukuplah gampang.

Bersumber pada penjelasan dari Balai Besar Riset serta Pengembangan Pascapanen Pertanian, buat membuat bawang goreng, bawang merah yang digunakan merupakan yang bagus serta fresh. Sehabis itu, kupas, mencuci serta tiriskan. Iris- iris dengan memakai pisau ataupun perlengkapan pengiris supaya ketebalannya cocok. Jadi kala digoreng, bawang lebih renyah apabila ketebalannya cocok.

Sehabis diiris, rendam dengan larutan garam 1- 3 persen serta kalsium klorida 0, 3 persen sepanjang 1 jam, setelah itu tiriskan. Perendaman dicoba dengan larutan garam serta kalsium klorida bisa membuat bawang goreng jadi lebih renyah. Goreng irisan bawang merah dengan memakai minyak pada temperatur 210 derajat celscius sepanjang 10 menit ataupun bercorak kecoklatan.

Disarankan menggorengnya dengan api yang kecil dan wajib diaduk- aduk supaya tidak gosong sebab jika gosong rasanya agak getir. Kemudian angkat serta tiriskan dengan memakai tisu makan. Sehabis minyaknya lenyap, lekas masukan ke dalam toples ataupun buat yang dijual lagi, masukan ke dalam plastik serta ditutup dengan memakai sealer.

Pasta Bawang Merah

Pasta bawang merah juga jadi opsi yang lain. Umumnya pasta ini digunakan selaku bumbu. Tidak cuma itu, pasta bawang merah tercantum yang tahan lama, ditaruh di kulkas bisa bertahan sampai 6 bulan serta pada temperatur ruangan 1 bulan.

Buat membuat pasta bawang merah, seleksi bawang merah yang bagus serta fresh, setelah itu kupas serta mencuci. Haluskan dengan memakai blender serta tambahkan asam sitrat, setelah itu aduk sepanjang 3 menit. Pasteurisasi bawang merah halus pada temperatur 60 derajat celcius, setelah itu masukan ke dalam wadah serta tutup rapat.

Olahan yang lebih tahan lama, ialah tepung bawang merah serta minyak bawang merah. Buat tepung bawang merah, seleksi bawang merah yang bagus serta fresh, setelah itu kupas dan dicuci hingga bersih serta tiriskan. Iris- iris dengan memakai pisau ataupun perlengkapan pengiris. Setelah itu rendam irisan tersebut dalam larutan pengawet natrium bisulfit 500- 1. 500 ppm sepanjang 5- 10 menit.

Setelah itu keringkan dalam oven dengan temperatur 60 derajat celcius sepanjang 24 jam. Haluskan irisan bawang merah tersebut dengan memakai grinder. Setelah itu diayak dengan memakai saringan serta kemas ke dalam toples ataupun plastik, kemudian tutup rapat. Buat yang dikemas dengan plastik, hendaknya direkatkan dengan memakai sealer.

Minyak Bawang Merah

Mencerna jadi minyak bawang merah boleh pula. Produk ini lumayan terkenal di warga perkotaan, paling utama selaku kombinasi salad sayur- mayur. Ditambah minyak bawang merah umumnya digunakan selaku bumbu buat membuat mi goreng ataupun rebus.

Buat buatnya, terbilang gampang. Seleksi bawang merah yang bagus serta fresh, kemudian mencuci serta iris- iris. Setelah itu panaskan minyak goreng dengan api kecil serta sehabis panas, masukkan irisan bawang merah. Aduk- aduk hingga wanginya tercium. Matikan kompor serta diamkan hingga dingin. Saring minyak serta masukan ke dalam botol. Tutup rapat supaya tidak berbau langu.

Ini merupakan sebagian olahan bawang merah yang bisa dijual dengan harga yang lumayan menjanjikan. Semacam minyak bawang merah, apabila dijual biayanya lumayan mahal sebab minyak bawang merah impor saja dijual dengan harga kurang lebih Rp 60 ribu per 150 ml. 

Posting Komentar untuk "Aneka Olahan Bawang Merah, Bisa Jadi Ide Bisnis saat Panen Raya"